3 Ujian berat yang sering dialami saat berpuasa

Cobaan saat puasa

Puasa akan terasa sangat indah bila dijalankan dengan segenap hati yang penuh dengan niat serta keihklasan karena Allah SWT. Bahkan, dengan menjalankan ibadah puasa sebulan penuh juga akan membuat diri anda menjadi lebih berharga dan merasakan kebahagiaan yang tidak akan dirasakan oleh orang-orang yang tidak berpuasa saat bulan nan Fitri tiba. Itulah alasan paling fundamental, fenomenal, dan personal. Njlimet kan?!? Jangan dipermasalahkan kata-kata saya tersebut, maklum karena kata-kata tersebut adalah kata-kata yang sedang ada di otak saya saat ini.

Fundamental, fenomenal, dan personal. Nahh, dari ketiga kata tersebut anda akan mengerti secara perlahan ketika anda berada di luaran sana. Hhmm.., maksudnya ketika anda sedang berada di jalanan, di luaran, sambil melakukan rutinitas maupun aktivitas sehari-hari yang biasa dilakukan. Percaya atau tidak, sedikit banyaknya anda akan mengalami beberapa hal yang akan menjadi ujian serta cobaan yang paling berat saat menjalankan ibadah puasa. Dimana ujian tersebut akan berkaitan dengan ketiga poin di atas saya telah saya sebutkan (saya padahal baru dapat juga kata-katanya ini), hehe. Apa sajakah itu, kita kupas satu-satu.

Cobaan yang paling sering dialami saat berpuasa :

Puasa bukan hanya menahan haus dan lapar, tetapi kita juga harus dapat mempertahankan diri agar berada pada konsisi yang sabar. Yup, sabar saat sedang emosi, sabar saat sedang haus, sabar saat perut mulai menggencet tulang punggung bagian belakang, yang pada intinya adalah secara keseluruhan menjadi hal yang sangat fundamental bila kita sedang menjalankan ibadah puasa. Oleh sebab itu, sebaiknya pahami kembali, semoga anda bisa tergolong ke orang yang sabar.

Puasa mengajarkan kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi, menjadi pribadi yang berkualitas tanpa harus di paksakan. Dengan berpuasa, secara perlahan, sadar atau tidak sadar, jika anda menjalankannya dengan segenap niat yang ikhlas, anda akan menjadi sosok yang fenomenal. Kenapa begitu? Karena bisa saja image yang melekat terhadap diri anda saat itu akan menjadi sebuah olokan, ejekan, atau bahkan bahan bully ketika anda bersama teman-teman. Tapi itulah indahnya makna dari sebuah kata fenomenal menurut saya. Karena sebenarnya kita dapat mengalahkan setan yang telah melekatkan image buruk kita kepada teman-teman maupun banyak orang menjadi sebuah kata-kata saja, bukanlah fakta!

Secara personal, puasa akan terasa sangat berat saat beberapa jam lagi akan mendekati bedug tiba. Ya.. biasanya sekitar dzuhur sampai maghrib, hehe.. itumah bukan beberapa jam ya tapi malah baru pertengahan. Tapi itulah secara personal menurut saya. Jadi jangan heran kenapa kok tiba-tiba kendaraan yang anda berasa tidak balance, berat ke kanan atau ke kiri, tergantung dari mana dan dimana posisi warteg atau food court berada dekat anda. Atau, jangan heran kalau mata kanan suka lihat ke kiri dan mata kiri suka melihat ke kanan secara bersamaan. Nggak masuk akal kan?! Tapi itulah cobaan yang paling berat menurut saya secara personal saat menjalankan puasa pada saat berada di luar.

Itulah beberapa ujian yang paling berat saat berpuasa menurut saya. Dalam hal ini saya bukan berarti menyamakan atau mengatakan bahwa ketiga poin yang saya jabarkan di atas adalah sama seperti anda maupun orang lain. Tapi entah kenapa, saya memiliki sedikit firasat, mungkin anda pun begitu. Hehe, intinya tergantung keimanan masing-masing :mrgreen:

Nggak terasa, udah hampir enam ratus kata saya tulis pada postingan kali ini. Ternyata saya masih punya skill nulis yang nggak jelek-jelek amatlah, soalnya sudah hampir setahun saya tidak update blog ini. Meskipun hanya hasil dari pemikiran saya sendiri, semoga bermanfaat dan saya berharap semoga bagi anda yang menjalankan ibadah puasa, akan menjadi lebih baik lagi, lebih berkualitas, dan harapan yang paling indah adalah, kita sama-sama menjadi sosok yang penuh kemenangan di hari nan Fitri nanti. Aamiin…

Baca juga : Minuman favorit untuk buka puasa

About Andy Febrian 532 Articles
Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

1 Trackbacks & Pingbacks

  1. Tips melatih anak berpuasa di bulan Ramadhan | andifebrian.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*