13 keunggulan HP jadul yang tidak dimiliki oleh smartphone saat ini

hape jadul

Perkembangan zaman semakin canggih, apalagi dalam hal teknologi. Tanpa disadari perubahan-perubahan yang terjadi akan membuat orang berbondong-bondong untuk terus mengupgrade pengetahuan, kebiasaan, hingga lifestyle. Salah satu yang menjadi trend saat beberapa tahun lalu adalah perubahan pada telepon seluler. Mulai dari penyerata / pager, handphone, dan sekarang banyak orang yang menyebutnya dengan telepon pintar atau smartphone. Meskipun sebagian besar masih sering di sebut dengan hp, tetapi menurut saya memang telepon seluler yang banyak ada saat ini lebih cocok dengan sebutan telepon pintar atau smartphone.

Tapi tahukah anda, bahwa sebenarnya banyak keunggulan yang sebenarnya tidak dimiliki oleh smartphone yang ada saat ini. Bila anda mengingatnya sedikit demi sedikit, saya yakin pikiran anda akan terbawa pada waktu dimana anda memakai hp saat pertama kalinya. Ya, ketika harga kartu perdana lebih mahal daripada hpnya sendiri.

Bagi anda yang masih menggunakan hp jadul, tidak perlu minder, karena saya pun masih menggunakannya hingga saat ini. Meskipun banyak yang bilang, “Buat ganjel pintu aja itu hp!”, tapi bagaimanapun saya tetap menghargainya dan menjaganya sepenuh hati. Karena tanpa hp jadul yang saya gunakan sekarang, saya tidak akan pernah memiliki hp seperti yang ada saat ini. Apa lagi? Mari simak beberapa keunggulan hp jadul lainnya.

Alasan mengapa hape jadul tidak akan pernah terlupakan

1. Tidak perlu potong SIM Card

Pada saat anda membeli sebuah kartu perdana dan akan mengaktifkannya di hp jadul, maka anda tidak perlu repot-repot untuk memotong SIM Cardnya. Tinggal buka kemasannya, trus pasang. Berbeda halnya jika anda memakai smartphone terbaru yang ada saat ini.

2. Hemat battery

Hp jadul memiliki daya tahan battery yang sanggup berhari-hari. Jika battery hp anda masih dalam keadaan normal, biasanya dapat bertahan hingga 3-4 hari. Ketahanan battery ini sehingga akan membuat anda tidak perlu khawatir karena harus selalu mencharge hp anda setiap hari.

3. Tahan banting

Bila anda pengguna hp merk Nokia, anda pasti akan mengakui kekuatannya dari benturan. Meskipun terjatuh, tidak perlu khawatir terjadi kerusakan pada hp anda. Sebagian besar yang saya alami dan pengalaman teman-teman, hp jadul khususnya Nokia cukup wajar jika dikatakan tahan banting. Karena meskipun telah jatuh dan bercerai-berai, tetapi masih sanggup hidup dalam keadaan normal.

4. Model / design sangat variatif

Coba feedback lagi ke masa lalu, berapa kali anda telah ganti-ganti hp. Yang pasti anda akan menemui banyak sekali modelnya. Setiap merk memiliki model yang berbeda, khas, dan imut. Sangat jauh berbeda dengan smartphone saat ini. Dimana modelnya hanya terlihat flat dan layar yang memenuhi bagian depannya.

5. Model casing sangat beragam

Casing adalah salah satu assoris yang paling ngetrend, karena untuk mengganti casing pada hape jadul sangat mudah. Sehingga wajar jika hp jadul memiliki casing yang sangat beragam, mulai dari warna-warni atau transparan.

6. Tidak mudah panas

Fitur yang khusus untuk menelepon dan sms menjadikan hp jadul tidak mudah panas, bahkan menurut saya tidak pernah panas. Kalaupun panas, itu karena saya main game arcade yang ada di hp. Jadi tangan anda tidak perlu berkeringat atau merasa risih saat menggunakan hp jadul.

7. Tidak menyebabkan kecanduan

Ini dia yang menjadi fenomena yang paling fenomenal. Kecanduan hp menjadi penyebab banyak orang kurang berinteraksi, bahkan sangat cuek. Anda bisa melihat sendiri bagaimana ketika anda sedang berada di lingkungan kerja, di atas angkot, di jalan, dan dimanapun. Setiap orang terlihat selalu menunduk dan sibuk dengan layar smartphonenya masing-masing. Jika anda pengguna hp jadul, saya yakin anda tidak akan melakukan hal ini. Kalaupun anda terlihat serius memainkan hp, itu karena anda sedang mencoba melihat dengan jelas huruf atau angka yang tertera di layar kecil hp anda. Hehe..

8. Mengetik tidak harus melihat layar

Bentuknya yang dominan kotak dengan sekitar 18-20 tombol pada hp jadul akan memungkinkan anda mengetik tanpa harus melihat layar. Bahkan menurut saya anda bisa mengetik sms sambil meleng, berbeda dengan smartphone yang harus fokus menatap layar karena sistim pengoperasiannya yang touch screen dan sangat sensitif.

9. Bahasa singkatan

Keterbatasan karakter untuk mengirim sms terkadang menjadi salah satu hal yang menggelikan, apalagi kalau anda mendapatkan sms yang penuh dengan bahasa singkatan. Tapi inilah yang menjadi keunikan saat berkirim pesan menggunakan hp jadul, demi menghemat kata anda harus menggunakan bahasa yang singkat namun harus mudah di mengerti.

Baca juga : Kisah inspirasi ini maminya yang balas

10. Tidak terjebak dari update

Banyaknya aplikasi yang bertebaran bagi pengguna smartphone mengharuskan mereka untuk terus mengupdate aplikasinya, bahkan Operating System bawaan smartphonenya. Berbeda halnya dengan hp jadul, yang hanya bisa sms dan telepon, paling yang harus di update adalah pulsanya agar bisa tetap melakukan sms atau telepon.

11. Fitur composer

4c1 4c1 4g1 2g1, bla bla bla. Ingatkah anda tuts tersebut? Ya, anda bisa menciptakan sebuah nada yang tidak jelas hingga nada paling indah dari fitur composer. Meskipun rasanya sudah sangat jadul sekali bila dibandingkan dengan saat ini, tapi terus terang ini adalah kegiatan yang paling banyak menyita waktu saya ketika baru kecanduan komposer pada hp Nokia yang saya miliki.

12. Tidak menyebabkan khawatir yang berlebihan

Nilai suatu barang akan sebanding dengan tingkat proteksi yang dilakukan seseorang. Itulah hukum yang terjadi antara perlakukan hp jadul dengan smartphone saat ini. Anda tidak perlu khawatir untuk meletakkan hp anda dimanapun, karena anda sadar bahwa tidak mungkin ada yang mencuri hp tersebut. Berbeda dengan smartphone yang diletakkan tidak pernah jauh dari posisi dimana anda berada.

13. Perawatan sangat mudah dan murah

Sebagian besar pengguna hp jadul pasti akan merasa bahwa perawatannya sangat mudah, bahkan spart part-nya juga cukup murah pada zamannya. Biasanya yang menjadi masalah umum adalah kerusakan pada microphone atau speaker, itupun bagi anda yang mengerti cara untuk memperbaikinya tinggak buka casing dan bermodal obeng kecil sudah selesai perkara. Kalaupun anda harus membawa ke jasa service handphone karena masalah battery sering drop, keypad tidak berfungsi, atau jaringan pada hp bermasalah. Biayanya menurut saya sangat terjangkau di zamannya, berbeda dengan ketika smartphone anda rusak, maka siap-siaplah anda untuk mengalokasikan ratusan ribu untuk mengganti spare part-nya.

Baca juga : Handphone pendeteksi kejujuran seseorang

Share and Enjoy

About Andy Febrian 529 Articles
Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*