10 Pilihan buah dan sayuran terbaik untuk menu sahur

Buah dan sayuran terbaik untuk menu sahur

Berpuasa bukan menjadi alasan untuk meninggalkan segala kegiatan yang sudah seharusnya menjadi rutinitas sehari-hari. Tetapi faktanya saat berpuasa biasanya tubuh akan mengalami beberapa perubahan yang tidak biasa jika dibandingkan dengan tidak berpuasa. Seperti perasaan lemas dan mengantuk. Kedua hal tersebut dikarenakan tubuh tidak memiliki cadangan energi yang cukup pada saat melakukan aktivitas. Kondisi tubuh yang lemas serta terjadinya penurunan gula darah dalam tubuh bisa menjadi salah satu faktor mengapa anda sering mengantuk saat berpuasa. Sekitar 12 jam tubuh tidak mendapatkan asupan cairan, untuk kembali memenuhi cairan dalam tubuh sebaiknya anda mensiasatinya dengan mengkonsumsi air putih yang cukup.

Sebagai satu strategi yang bisa anda lakukan untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh adalah dengan mengkonsumsi beberapa buah-buahan dan sayuran di bawah ini untuk membantu mengembalikan cairan tubuh setelah berpuasa, serta membantu tubuh untuk menjaga cairan tetap terjaga ketika kembali berpuasa keesokan harinya.

Baca juga : Minuman favorit untuk berbuka puasa

Buah dan sayuran untuk menu sahur agar tubuh tidak kekurangan cairan

1. Semangka

Semangka merupakan buah yang sangat kaya air. Selain itu semangka yang matang secara sempurna juga memiliki kandungan antioksidan yang dapat menangkal peradangan serta sebagai penetralisir dari radikal bebas. Tingginya kadar air yang terdapat pada buah semangka dapat bermanfaat sebagai cadangan cairan bagi tubuh selama berpuasa.

2. Strawberry

Berbentuk mungil, dominasi merah dengan bintik hitam di seluruh buahnya. Strawberry kaya terhadap vitamin C, rendah kalori, serta antioksidan. Di balik keseluruhan kandungan tersebut, strawberry merah memiliki kadar air paling tinggi yang bermanfaat bagi tubuh untuk memenuhi kebutuhan cairan.

3. Melon

Melon memiliki beragam manfaat yang mungkin belum anda ketahui. Seperti untuk meningkatkan imunitas tubuh, meregenerasi sel kulit, menjaga kesehatan jantung, baik untuk wanita hamil, dan masih banyak lagi. Namun selain itu melon kuning merupakan buah yang memiliki kandungan cairan tinggi serta memenuhi kebutuhan vitamin A dan C.

4. Persik

Buah persik memiliki fisik yang mirip dengan apel. Buah yang berasal dari wilayah barat Cina ini ternyata memiliki kadar air yang cukup tinggi. Selain itu, kandungan antioksidan tinggi dapat membantu tubuh untuk tetap semangat saat menjalani aktivitas meskipun berpuasa.

5. Jeruk

Buah yang kaya akan vitamin C dan kandungan air yang cukup tinggi, selain itu jeruk juga bermanfaat sebagai penambah stamina dan daya tahan tubuh. Mengkonsumsi jeruk saat sahur diharapkan dapat menjaga tubuh agar tetap fit meskipun berpuasa.

6. Bayam

Bayam adalah salah satu sayuran yang paling mudah ditemui dan favorit keluarga. Tingginya vitamin E dan antioksidan, bayam juga termasuk salah satu sayuran yang memiliki kadar air tinggi yang bisa dijadikan asupan bagi tubuh untuk tetap menjaga cairan tetap terjaga selama berpuasa. Namun sebaiknya, jangan berlebihan saat mengkonsumsi bayam. Karena tingginya kandungan serat pada bayam justru dapat menyebabkan permasalahan pada pencernaan.

7. Brokoli

Brokoli adalah salah satu sayuran terbaik untuk menu sahur. Kandungan serat yang tinggi, vitamin A dan E, kalium, kemudian sulforaphane yang bermanfaat untuk meningkatkan produksi enzim dari zat kimia. Tapi tahukah anda bahwa ternyata sayur hasil persilangan kembang kol dan kale ini memiliki kadar yang yang tinggi, yaitu 90,7 persen. Oleh sebab itu brokoli bisa anda jadikan sebagai salah satu sayuran terbaik yang bisa anda sajikan saat sahur ataupun berbuka puasa.

8. Kembang kol

Sayuran yang satu ini jangan anda abaikan. Meskipun sangat mudah ditemui, kembang kol memiliki kandungan air yang tinggi. Selain itu itu kandungan vitamin serta senyawa dalam meningkatkan produksi anti esterogen untuk mencegah sel-sel kanker.

9. Tomat

Warna merah pada tomat memberikan sinyal bahwa tomat memiliki kandungan antioksidan tinggi. Tapi di balik itu tomat memiliki kadar air dan mineral yang tinggi. Anda bisa mengkonsumsinya dengan cara langsung maupun disajikan menjadi juice sebagai asupan cairan bagi tubuh saat berpuasa nanti.

10. Mentimun

Kandungan vitamin, mineral dan serat pada mentimun dapat memberikan beragam manfaat bagi tubuh. Kemudian kandungan kadar air yang cukup tinggi pada mentimun dapat membantu tubuh dalam menghidrasi saat anda melakukan ibadah puasa. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya anda mengkonsumsi mentimun dengan cara menyajikannya menjadi juice.

Baca juga artikel : Cara antisipasi dehidrasi saat berpuasa

Share and Enjoy

About Andy Febrian 531 Articles
Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*