10 Fakta menarik yang perlu diketahui mengenai game Pokemon GO

Fakta menarik Pokemon GO

Pokemon menjadi salah satu game yang tidak asing lagi, terutama bila anda melewati masa-masa kejayaan Nintendo. Bahkan kesuksesan Pokemon pada masanya menjadikan Nintendo sebagai salah satu konsol game yang paling sukses. Dengan konsep dasar mengoleksi serangga untuk melengkapi Pokedex yang nantinya akan dikembangkan dan latih untuk bisa mengalahkan Pokemon Master.

Saat ini, kehadiran Pokemon GO di smartphone yang telah di rilis di beberapa negara memberikan nuansa yang berbeda. Dengan konsep location based augmented reality, anda tidak akan tertutup kemungkinan untuk melakukan hal-hal yang terbilang unik. Salah satunya adalah ya mencari karakter untuk melengkapi koleksi di Pokedex. Niantic sebagai game developer Pokemon GO seperti telah memberikan pembaharuan terhadap game ini, maka dari itu cukup logis jika Pokemon GO adalah salah satu game yang cukup mengundang perhatian banyak orang, terutama bagi para gamer yang suka dengan konsep augmented reality.

Penasaran dengan seberapa hebohnya game Pokemon Go? Berikut beberapa hal unik mengenai game ini sebelum memutuskan untuk mencoba menginstal dan bermain Pokemon GO di smartphone anda.

Fakta serta keunikan di balik game Pokemon GO

1. Top download dalam waktu singkat

Niantic sebenarnya akan merilis Pokemon GO pada 6 Juli 2016 di Australia, Amerika Serikat dan Selandia Baru. Ternyata sebelum di rilis Pokemon Go telah banyak di buru file apk-nya oleh para gamer atau mereka yang penasaran mencoba game ini. Kemudian sejak 6 Juli 2016, Pokemon GO hanya butuh waktu 5 jam untuk berada di jajaran aplikasi game smartphone paling atas yang paling banyak di cari dan di download.

Baca juga artikel : Keunggulan HP jadul yang tidak dimiliki oleh smartphone

2. Membutuhkan GPS

Setelah anda menginstal dan memainkannya, jangan lupa untuk menghidupkan GPS atau location Google Maps di smartphone anda. Kalau anda tidak mengaktifkan based location, maka anda akan mendapatkan peringatan “GPS sognal not found” yang artinya game tidak dapat berjalan. Intinya adalah Pokemon GO adalah game yang terlihat persis seperti nyata dimana anda berada saat itu dan menemukan pokemon anda akan terkoneksi secara tepat seperti halnya dimana anda berada saat itu.

3. Mengundang keaktifan anda

Untuk bermain Pokemon Go, secara tidak langsung anda akan di tuntut untuk bersatu ke dalam dunia game ini. Karena dimanapun anda berada, sebenarnya akan terdapat Pokemon yang harus anda buru untuk melengkapi koleksi Pokedex. Pro dan kontra mengenai sensasi Pokemon GO seakan tidak akan ada habisnya, karena ketika memainkannya anda tidak akan pernah menyadari bahwa anda sebenarnya sedang bermain game.

Berjalan dari satu tempat ke tempat lain hanya untuk berburu dan mendapatkan Pokemon GO sepertinya terdengar lucu. Tapi itulah salah satu syarat yang harus anda ikuti jika ingin mencoba Pokemon GO. Jadi jangan heran bila anda menemui Pokemon player di tempat keramaian dengan smartphone-nya terlihat seperti sedang memfoto atau menyentil layar smartphone-nya.

4. Melempar Pokeballs itu tidak mudah get pokemon

Pokeballs adalah sebuah bola yang harus anda lempar agar mengenai pokemon, dan itu harus anda lakukan ketika anda menemukan Pokemon agar bisa menangkapnya. Walaupun hanya melempar bola, tapi bagi seorang pemula itu bukanlah hal yang mudah. Karena saat melempar anda harus menggunakan feeling agar pokeballs benar-benar mengenai tepat karakter Pokemon yang akan di tangkap. Saya yakin, anda akan membutuhkan beberapa kali lemparan agar benar-benar mengenai tepat sasaran. Hehe

5. Tempat keramaian adalah sarang Pokestop

Pokestop memang terdapat beberapa di tempat yang cenderung sepi, tetapi sebenarnya Pokestop banyak terdapat di pusat keramaian. Tetapi berdasarkan uji coba saya, pusat keramaian adalah sarang Pokestop yang terdapat Pokemon dan Gym Place. Seperti misalnya kemarin saya mencoba bermain di Pasar Festival Kuningan dan Taman Mini Indonesia Indah, ternyata banyak sekali Pokestop disana. Jadi, Pokemon GO sebenarnya tidak identik dengan game yang harus melulu mengunjungi tempat yang sepi.

6. Memberikan keuntungan tersendiri bagi jasa transportasi

Mungkin hal ini anda sudah paham. Bahwa ternyata bagi beberapa orang, atau tidak tertutup kemungkinan nantinya akant terus bertambah, ternyata mereka sewa transportasi hanya untuk berburu dan menangkap Pokemon. Hhmm, mungkin itu ojek online atau taksi online. Tapi jika anda tidak percaya, anda bisa melakukan pencarian sendiri mengenai hal ini. Intinya, panggil ojek hanya untuk menemukan Pokestops dan Gym Trainers yang bisa anda lihat lalu temukan lokasinya saat bermain game ini, dan secara tidak langsung itu akan memberi profit tersendiri pada jasa transportasi yang digunakan. Luarr biasaa.., bela-belain banget kan.

7. Game Pokemon GO adalah Sarang malware

Walaupun ini masih sebatas rumor, tetapi menurut saya bisa saja menjadi salah satu celah bagi malware menyusup dan berdiam diri di smartphone anda. Hal ini karena selain di Australia, Amerika Serikat dan Selandia Baru, game Pokemon GO didapatkan dengan cara mendownload file .apk-nya. Bahkan informasi yang saya dapat dari listverse menyebutkan, dengan mendownload dan instal Pokemon GO dapat berkemungkinan tersusupi malware yang dapat menyusupi smartphone anda dan dapat mengendalikannya secara remote (DroidJack). Believe or not? Namanya juga rumor.

8. Menjadi celah bagi pelaku kejahatan

Empat hari setelah game Pokemon GO di rilis, di St.Louis County Missouri, Amerika Serikat, polisi setempat telah menangkap empat orang pelaku kejahatan yang memanfaatkan game Pokemon GO untuk melakukan aksinya. Ini terjadi karena tindakan kriminal terjadi di lokasi yang sepi, dimana tempat tersebut adalah tempatnya Pokestops dalam game ini. Pelaku kejahatan akan melakukan perampokan pada pemain Pokemon dengan berpatokan pada Pokestops.

Setelah beberapa laporan tersebut, pihak pengembang game telah memberikan tips dan informasi agar bermain dengan beramai-ramai untuk mencegah terjadinya tindak kejahatan saat berada di tempat yang sepi.

9. Pengguna Intel sudah bisa bermain game Pokemon GO

Beberapa hari lalu Niantic selaku game developer Pokemon GO disibukkan dengan berbagai komplain serta petisi oleh banyak orang. Hal ini disebabkan karena Pokemon GO tidak dapat dimainkan di smartphone yang menggunakan processor Intel. Dan akhirnya, kemarin masalah ini sudah fix. Jika smartphone anda menggunakan processor Intel, sekarang anda sudah bisa mencoba memainkan game ini.

pokestop cililitan10. Pokemon Go adalah Game yang mainstream

Masih sulit untuk menilai dan memprediksi bagaimana efek dari Pokemon GO nantinya. Tetapi menurut saya sendiri, Pokemon GO adalah game yang mainstream. Karena kita akan di tuntut untuk melakukan hal-hal yang kayanya di luar kebiasaan saat bermain game. Tidak lagi duduk manis atau sambil tidur-tiduran, tetapi anda harus aktif KETIKA menemukan atau berada di Pokestop. Anda pasti bisa membayangkan bagaimana nantinya kalau game ini semakin banyak penggunanya kan?

Walaupun saya hanya pemain Pokemon GO yang pasif dan tidak terlalu berambisi untuk selalu menemukan dan mengunjungi Pokestop, tapi menurut saya salah satu fakta permainan game Pokemon GO menurut saya adalah game yang mainstream.

Baca juga : Ini manfaat positif bermain Clash of Clans

Itu dia fakta mengenai Pokemon GO yang saya dapat dari berbagai sumber serta penerawangan saya secara sederhana.

About Andy Febrian 532 Articles
Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*