‘Ngoceh’ info gempa Mentawai – Sumbar

Gempa berkekuatan 7,2 SR yang mengguncang kawasan Mentawai – Sumatera Barat, ternyata membuat ramai dua jejaring sosial. Facebook & Twitter memberikan informasi tentang gempa yang dikabarkan oleh BMKG berpotensi tsunami itu. Sebenarnya sih, jangankan Twitter / Facebook, orang disekeliling rumah saya saja mendadak ramai. Apalagi peringatan dini yang diberitakan oleh BMKG bahwa gempa yang berpusat di Mentawai pada kedalaman 10km tersebut berpotensi tsunami.

Awalnya saya yang sedang duduk manis di depan komputer, tiba-tiba kepada terasa pusing, meja & komputer goyang-goyang. Sontak saya keheranan, sayapun berhenti untuk menggerakkan kaki saya (maklum, kebiasaan anak jaman sekarang, kakinya suka goyang-goyang). Setelah saya lihat segelas teh manis yang ada di hadapan saya, ternyata justru makin keras goyangnya. Ooo.., ternyata saya baru sadar bahwa ada gempa. Kemudian, saya buka pintu depan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan seandainya gempa semakin kuat. Trus longokin Facebook lagi sambil ngoceh-ngoceh dan comment status teman-teman deh..

“Astagfirullah, gempa datang lagi!”, “Gempa, wih atut!”, “Lg nonton sinetron di RCTI, tiba2 sinetronnya dipotong sama info dari BMKG peringatan potensi tsunami di Sumbar. Mpe kaget gw..”, “Ternyata matahari bercincin kemarin benar-benar info alam.., gempa…”, “@infoBMKG : Info gempa mag:7,2SR, 25-Oct-2010, 21:42:20WIB, Lok 3.61LS, 99.93BT (78km Barat Daya, waspada tsunami! Berpusat di Mentawai). Yah, sebenarnya masih ada beberapa lagi. Tapi kira-kira begitulah mayoritas update status teman-teman saya di Facebook saat ini.

Yang uniknya, ketika saya rencananya mau ngungsi ke dataran yang lebih tinggi, nama tepatnya di daerah ‘Belimbing’, ternyata 2 orang teman yang saya hubungi tidak tahu/tidak merasakan bahwa ternyata ada gempa. Then finally.., saya memutuskan untuk tetap tenang, melihat perkembangan, sambil update status, “Tarik nafas dalam-dalam.., buang..! Tarik nafas dalam-dalam.., buang….! Tarik nafas dalam-dalam.., buang……! Trus ngucap sambil mengingatNya, kaya’nya harus begitu biar tenang batin ini.. 🙂

Hingga akhirnya, saya mendapatkan informasi dari BMKG, bahwa “BMKG cabut potensi tsunami gempa di Mentawai – Sumbar”. Alhamdulillah.., dan ternyata ketika postingan ini saya publish, BMKG menginformasikan telah terjadi 3 kali gempa susulan. Jadi totalnya sudah 4 kali gempa yang berpusat di Pagai Selatan, Mentawai – Sumbar. Mau lihat info lebih detailnya, silahkan ke sini.

Udah dulu lah saya ngoceh nya. Ni mata kaya’nya sudah mulai ngantuk lagi setelah tadi mendadak terjaga waktu gempa. Semoga saja Kota Padang (juga termasuk semua kota-kota lainnya di Indonesia) terhindar dari musibah. Amin..

About Andy Febrian 532 Articles
Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

1 Comment on ‘Ngoceh’ info gempa Mentawai – Sumbar

  1. tadi malam 02-03-2016 terjadi gempa di mentawai yang cukup besar
    Semoga tidak ada tsunami susulan akibat gempa semalam
    tim ACT terus memantau perkembangan dan informasi untuk penanggulangan bencana susulan

1 Trackbacks & Pingbacks

  1. Akibat isu tsunami, Kota Padang sepi | Ngoceh on The Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*